2013-12-20

Pengalaman LKMM – TPD

Apa sih sebenarnya LKMM – TPD itu ?
Dilihat dari kepanjangannya Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar, kesimpulannya bahwa LKMM – TPD adalah suatu kegiatan yang di laksanakan pada tingkatan HIMA Progdi yang bertujuan untuk meningkatkan ataupun mengetahui ketrampilan mahasiswa. LKMM – TPD ini pula sebagai wujud awal sebelum mengikuti LKMM – TD pada tingkatan BEM Fakultas dan selanjutnya lagi LKMM – TM pada tingkatan BEM Institut.
Dari LKMM – TPD ini tentunya terdapat materi – meteri yang diberikan, diantaranya yaitu :
1.      Keterampilan Berkomunikasi
2.      Pola Pikir Prestatif
3.      Pengenalan dan Pengembangan Diri
4.      Sifat Kritis
Dari berbagai materi – materi yang telah di dapatkan itu diharapkan mampu mengembangkan keterampilan yang ada pada diri mahasiswa.
Berikut adalah penjelasan pada masing – masing materi :
1.      Keterampilan Berkomunikasi
Komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan , penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang.
·         Komunikasi dan konsep diri
-          Komunikasi memungkinkan individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsirkan situasi apapun yang ia hadapi.
-          Komunikasi selanjutnya menghasilkan konsep diri.
·         Komunikasi dalam Organisasi
-          Schein (1982) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang yang mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarkis otoritas dan tanggung jawab.
-          Merupakan komunikasi antar manusia (human communication) yang terjadi dalam konteks organisasi.
-          Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai asas pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergabung satu sama lain.
-          Komunikasi dua arah ,komunikasi timbal balikmembutuhkan kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita – cita yang sama.
-          Sasaran berkomunikasi tujuan untuk mempersatukan individu dalam organisasi.
·         Model Komunikasi
-          Komunikasi linier
§  One way Communication, komunikasi memberi suatu stimuli dan komunikasi melakukan respon yang diharapkan tanpa mengadakan seleksi dan interprestasi.
§  Bersifat monolog.
-          Komunikasi Interaksion
§  Pada tahap ini terjadi feedback
§  Bersifat 2 arah dan ada analog
§  Tiap partisipat memilki ganda
-          Komunikasi Transaksional
§  Dipahami dalam konteks hubungan antara 2  orang atau lebih
§  Semua perilaku adalah komunikatif
§  Tidak ada satupun yang tidak dapat dikomunikasikan
·         Fungsi komunikasi dalam organisasi
-          Downword Communication
§  Pemberian atau penyimpanan intruksi
§  Penjelasan dari pimpinan tentang megapa suatu tugas perlu dilaksanakan
§  Penyampaian informasi mengenai peraturan yang berlaku
§  Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.
-          Upword Communication
§  Penyampaian informasi tentang pekerjaan atau tugas yang sudah dilaksanakan
§  Penyaampaian informasi tentang persoalan pekerjaan / tugas yang tidak dapat diselesaikan bawahan.
§  Menyampaikan saran – saran perbaikan dari bawahan
§  Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya maupun pekerjaan.
-          Horisontal Communication
§  Memperbaiki koordinasi tugas
§  Upaya pemecahan masslah
§  Saling berbagi informasi
§  Upaya pemecahan konflik
§  Membina hubungan melalui kegiatan bersama
·         Tahapan organisasi
-          Membuat pesan dengan jelas
-          Siapkan komunikasi
§  Menentukan metode
-          Menyampaikan informasi
§  Kapan dimana harus berkomunikasi
-          Penerimaan
§  Pikirkan bagaimana pesan akan diterima
-          Bagaimana reaksi terhadap pesan
-          Umpan balik
2.      Pola Pikir Prestatif
Pada pola pikir prestatif ini kuncinya adalah diri sendiri, dimana kita dapat merancang sebuah target.
Ada beberapa cara berprestasi :
1.      Kerja ikhlas
2.      Kerja mawas diri dari rasa emosional
3.      Kerja cerdas
4.      Kerja keras
5.      Kerja tuntas
6.      Terapkan SWOT ( Sterngths, Weaknesses, Opportunities, Threats)
Bagaimana untuk mahasiswa
Mahasiswa adalah agent of change yang harus memiliki sifat :
1.      Kritis
2.      Kreatif
3.      Aktif
4.      Tanggap
5.      Terbuka
6.      Perencana
7.      Visioner (punya tatapan masa depan )
Orang prestatif itu harus :
1.      Innisiatif
2.      Leading
3.      Berani berbeda
4.      Kreatif (berpikir dua kali lipat dari orang biasa)
Dalam pemateri ini ada beberapa kata mutiara yang memotivasi, yaitu :
“Semakin di beri kesibukan, maka kita akan semakin cerdas menggunakan waktu”
“Jangan sekali-kali mendengar kata orang lain yang mempunyai kecenderungan negatif ataupun pesimis karena mereka akan mengambil sebagian pola pikir kita”.
3.      Pengenalan dan pengembangan diri
4.      Sifat kritis
Dalam meteri ini memberikan kita pengetahuan mengenai bahwa mahasiswa seharusnya memiliki sifat kritis. Dimana sifat kristis itu bertujuan untuk menggali potensi dan mahasiswa harus gila ilmu. Dalam sifat kritis ini melahirkan suatu perbadaan yang merupakan pengembangan potensi.
      Dalam mengembangkan sifat kritis ini tentunya ada kebiasaan yang melatarbelakanginya, yaitu HABITS.
      Apa itu habits ? Habits adalah suatu pembiasaan, pembiasaan yang seperti apakah itu ?
·         Hal yang dilakukan secara otomatis
·         Punya autorespon progma
Contohnya : pemikiran, perasaan, perbuatan dll
·           Hidup kita merupakan gabungan dari beberapa habits.
Mengenai Habits :
·           Berangkat dari eksperi diri
·           Menindaklanjuti ekspresi diri
·           Pembiasaan diri
Berpikir sebagai bentuk habits
·           Pemikiran adalah pangkal dari kepribadian, kecenderungan, cara hidup, aktifitas kehidupan.
Misal : kepala negara berbasis rakyat, muslim berbasis akhirat, mahasiswa berbasis pintar.
·           Thoughts              Purpose           Actions            Habits
Berpikir Kritis
·           Ibnu Syibah : Ilmu adalah gudang – gudang penyimpan dan pertanyaan adalah kuncinya.
·           Selalu berpijak pada curiousity (ketertarikan)
·           Curiousity singkron dengan tujuan hidup
·           Nelayan dan hiu kecil
·           Mahasiswa dan informasi
Strategi berfikir kritis
Dr Ibrahim Elfiky :
·           Kekuatan kesadaran
Hilangkan junk informasi
·           Kekuatan konsentrasi
Berlatih untuk fokus
·           Kekuatan tujuan
Impian      peta pemikiran             Rasionalisasi                Visualisasi       keyakinan
                                    Kekuatan berfikir kritis
·           Melahirkan mental sangat kuat
Misal : Rosulullah SAW dan gua hira
·           Melahirkan nilai strategis
Misal : Siti Zulaikha dan nabi Yusuf As
·           Melahirkan bibit kreatifitas
·           Melahirkan efektifitas
·           Melahirkan ide kreatif
·           Melahirkan kekayaan intelektualitas
Dari berbagai teori yang telah di sampaikan, semoga mampu menjadi pelajaran untuk diri kita agar mampu hidup di tengah orang banyak yang berbeda pola pikirnya.
           

0 komentar:

Posting Komentar